22 Makanan Penambah Darah Enak Sebagai Pencegah Anemia

4 min read

ylliX - Online Advertising Network

Makanan Penambah Darah – Kekurangan darah pada tubuh atau banyak orang menyebutnya dengan anemia merupakan salah satu masalah yang terjadi akibat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Hal tersebut bisa di cegah dengan memakan makanan penambah darah yang memiliki banyak kandungan dibutuhkan.

 

Hal tersebut dapat dilakukan sebelum terlanjur, sebab jika anda mengalami anemia pastinya sangat tidak enak sekali pada tubuh. Karena tubuh akan merasakan sebuah kelelahan dan kepala akan terasa sangat pusing sekali.

 

 

Bicara mengenai makanan penambah darah, pastinya anda memikirkan bahwasanya makanan tersebut merupakan makanan yang tidak enak dan sedikit berbeda. Siapa sangka makanan yang akan dibahas kali ini, mungkin menjadi salah satu makanan favorit anda.

 

Makanan tersebut juga pastinya sudah tidak asing lagi di kehidupan anda, ternyata dari makanan tersebut rupanya memiliki manfaat yang sangat mujarab terhadap tubuh. Jadi jangan sepelekan makanan-makanan yang akan dibahas kali ini.

 

Daftar Makanan Penambah Darah

 

Makanan Penambah Darah

 

Apa saja si makanan penambah darah tersebut? apakah benar dengan mengkonsumsinya anda bisa terjauhkan dari masalah anemia atau kekurangan darah? Ternyata makanan-makanan yang akan dibahas merupakan makanan yang mengandung zat, nutrisi atau vitamin yang diperlukan tubuh untuk bisa mengembalikan darah tersebut naik. Berikut makanan tersebut:

 

1. Ikan Salmon

 

Ikan Salmon 3

 

Ikan salmon juga bisa menjadi makanan penambah darah yang sangat ampuh, karena didalam daging ikan salmon sendiri memiliki kaya kandungan vitamin. Seperti diketahui sendiri bahwa salmon memiliki sebuah kandungan lemak omega 3 dimana bisa meningkatkan darah di tubuh.

 

2. Daging Ayam

 

Daging Ayam

 

Makanan selanjutnya dimana bisa menjadi penambah darah yaitu daging ayam, mungkin semua sudah pernah makan makanan satu ini. Tidak jarang justru malah menjadi makanan favoritnya, namun bagian daging ayam yang bagus untuk panambah darah yaitu pada daging yang tidak memiliki lemak.

Read More :  4 Jenis Cerita Fiksi Kisah Putri Tangguk dan Penjelasannya

 

3. Daging Merah

 

Daging Merah 3

 

Daging merah juga seperti kedua daging diatas, dimana dapat menjadi penambah darah di tubuh yang menurun. Menjadikan bagi anda yang ingin darah di tubuh naik bisa langsung saja makan daging merah ini.

 

4. Jeroan Hati

 

Jeroan Hati

 

Sama seperti daging, jeroan juga memiliki khasiat ampuh dalam penambahan atau meningkatkan sebuah sirkulasi darah. Karena pada jeroan hati memiliki banyak kandungan vitamin B12 dan fosfor dimana bisa menambah sebuah kadar zat besi pada tubuh. Sebagai catatan, hanya beberapa jeroan saja yang bisa di konsumsi, salah satunya jeroan hati dengan kualitas terbaik.

 

5. Walnuts

 

Walnuts

 

Selain daging-dagingan diatas, kacang-kacangan juga bisa membantu penambahan darah pada tubuh anda. Salah satu kacang-kacangan tersebut yaitu kacang walnuts, dimana pada kacang ini terkandung akan nutrisi yang sangat kaya seperti I-arginin, alpha lipoic acid, serta vitamin E.

 

6. Almond

 

Almond 1

 

Almond juga menjadi salah satu kacang-kacangan yang siap membantu meningkatkan sebuah sirkulasi darah pada tubuh. Memiliki banyak sekali kandungan vitamin, nutrisi dan zat lainnya yang bisa mempercepat penambahan darah tersebut, selain itu rasanya yang enak juga akan menambah anda menyukai kacang almond satu ini.

 

7. Daun Singkong

 

Daun Singkong 1

 

Siapa sangka daun singkong yang sering anda lihat di pesawahan atau perkebunan warga ternyata memiliki sebuah manfaat yang sangat ampuh untuk peningkatan darah pada tubuh. Karena sayuran satu ini memiliki sebuah kandungan yang cukup banyak seperti vitamin B1, vitamin C, fosfor, zat besi, karbohidrat, lemak, serta protein, dimana semua kandungan tersebut bisa dengan cepat membantu meningkatkan darah.

 

8. Cabai Rawit

 

Cabai Rawit

 

Makanan atau bumbu dapur yang memiliki rasa pedas satu ini ternyata memiliki sebuah manfaat cukup mengejutkan, yaitu bisa menjadi obat penambah darah yang ampuh sehingga terhindar dari apa itu yang namanya anemia. Hal tersebut karena pada cabai rawit sendiri memiliki sebuah kandungan kapsaikin dimana dapat membantu memperlancar sirkulasi darah.

 

9. Kayu Manis

 

Kayu Manis

 

Kayu manis yang lebih dikenal juga sebagai bumbu masak, ternyata juga hampir mirip seperti cabai rawit dimana memiliki manfaat untuk menjadi penambah darah di tubuh anda. Jadi bagi anda yang ingin terhindar dari apa itu namanya anemia atau darah rendah, bisa juga untuk mengkonsumsi kayu manis untuk meningkatkannya.

Read More :  Mengenal Pencipta Lagu Hymne Pramuka dan Biografi Lengkapnya

 

10. Kunyit

 

Kunyit

 

Kandungan didalamnya seperti curcumin pada kunyit juga bisa menjadi obat penambah darah jika dirasa anda mengalami sebuah kurang darah. Biasanya kebanyakan orang memilih dijadikan sebagai jamu pada saat mengkonsumsinya.

 

11. Jahe

 

Jahe 1

 

Sama seperti kunyit, jahe yang terkenal menjadi salah satu obat herbal penangkal berbagai masalah pada tubuh juga bisa menjadi obat penambah darah. Hal tersebut sudah terbukti akan khasiat yang dirasakan oleh banyak orang sesaat setelah mengkonsumsi jahe tersebut.

 

12. Bawang Bombay

 

Bawang Bombay

 

Bawang bombay yang dikenal oleh orang sebagai bumbu dapur, ternyata bisa juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau meningkatkan penderita anemia atau kurang darah. Hal tersebut karena bawang bombay memiliki sebuah kandungan flavonoid antioksidan yang bisa menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah didalam tubuh.

 

13. Bawang Putih

 

Bawang Putih 1

 

Tidak hanya bawang bombay saja yang bisa digunakan sebagai obat penambah darah rendah, bawang putih juga memiliki manfaat yang sama dimana bisa meningkatkan sebuah aliran darah pada tubuh. Jadi jika anda merasakan sebuah darah rendah maka anda bisa mengkonsumsi bawang ini, baik bawang putih dan juga bawang bombay.

 

14. Buah Delima

 

Buah Delima

 

Selain kacang-kacangan dan bumbu dapur diatas, ternyata buah-buahan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, salah satu buah tersebut yaitu delima. Buah delima sendiri menjadi obat penambah darah karena memiliki kandungan polipenol antioksidan serta nitrat, dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat sekali pada tubuh.

 

15. Jambu Biji

 

Jambu Biji

 

Jambu biji juga menjadi makanan atau buah-buahan selanjutnya yang bisa membantu untuk menambah sirkulasi darah pada saat sedang mengalami penerunan. Kandungan zat besi didalam jambu biji inilah yang nantinya akan meningkatkan, tidak hanya bermanfaat untuk peningkatan sebuah darah dalam tubuh saja ternyata jambu biji juga dikenal ampuh untuk menangani penderita DBD.

 

16. Pisang

 

Pisang 1

 

Selain delima dan jambu biji, buah yang memiliki harga terjangkau dan mudah untuk ditemukan ini juga memiliki sebuah manfaat untuk meningkatkan sebuah sirkulasi darah pada tubuh. Kandungan zat besi, kalium, vitamin dan nutrisi didalam pisang tersebutlah yang nantinya bisa membantunya mempercepat penambahan.

Read More :  10 Cara Konsumsi Madu Untuk Diet dan Tips Cepat Langsing

 

17. Buah Naga Merah

 

Buah Naga Merah

 

Buah naga yang terkenal menjadi buah yang unik karena bentuknya, ternyata memiliki sebuah kandungan vitamin, nutrisi, zat besi, fosfor, kalium yang bisa membantu anda untuk menambah darah. Sudah banyak orang mengkonsumsi buah naga untuk mengatasi masalah satu ini.

 

18. Buat Bit

 

Buat Bit

 

Makanan selanjutnya yang bisa menjadi obat penambah darah yaitu buah bit, kaya akan kandungan seperti nitrikoksida tersebut yang bisa meningkatkan darah di tubuh anda yang sedang menurun.

 

19. Buah Jeruk

 

Buah Jeruk

 

Mungkin semua orang pernah menikmati buah satu ini, buah yang terkenal memiliki sebuah kandungan vitamin C yang tinggi, ternyata juga bisa digunakan sebagai obat penambah darah. Memang buah satu ini tidak usah diragukan lagi mengenai manfaat dan khasiatnya.

 

20. Tomat

 

Tomat

 

Tomat juga sama seperti buah jeruk, dikenal akan memiliki banyak sekali manfaat seperti baik untuk mata, ternyata juga bisa menjadi obat penambah darah ketika sedang menurun. Fungsinya sendiri yaitu bisa mengurangi ACE (angiotensin converting enzyme) penyebab pembuluh atau sirkulasi darah tidak berjalan dengan baik.

 

21. Brokoli

 

Brokoli 3

 

Makanan berupa sayuran satu ini memang terkenal banyak manfaatnya karena memiliki kandungan seperti asam folat, zat besi, serta vitamin C yang siap untuk meningkatkan darah pada tubuh. Jadi jangan sampai anda tidak suka dengan brokoli, karena manfaat terkandung didalamnya sangatlah banyak.

 

22. Bayam

 

Bayam 3

 

Bayam juga sama seperti brokoli dimana mengandung sebuah zat besi yang mampu untuk meningkatkan atau penambah darah pada tubuh, sehingga tubuh akan terjaga kesehatannya. Jadi jangan remehkan khasiat dari makanan atau sayuran satu ini.

 

Nah itulah beberapa makanan dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga makanan lainnya yang bisa menjadi obat penambah darah pada tubuh yang ampuh. Mungkin itu saja yang bisa sampaikan untuk anda semua, sebagai catatan jika mengkonsumsi makanan diatas lakukan secara rutin dan rasakan perbedaannya dengan sebelum mengkonsumsi makanan tersebut.

 

Jodoh Memang Sudah Diatur Allah Tetapi Memilih Jodoh Tidak…

Urusan jodoh memang Allah yang sudah mengatur, tetapi dalam memilihnya itu adalah aturan kita, jadi ketika memilih jodoh janganlah asal-asalan, asal tampan, asal gagah,...
admin
1 min read

Martabat Tertinggi Seorang Wanita Terlihat Saat Ia Mampu Mentaati…

Martabat tertinggi seorang wanita terlihat saat ia mampu mentaati perintah Allah dengan keimanan yang ia miliki, sehingga iapun tidak sembarangan dalam menjaga kehormatan dirinya....
admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *